BI Proyeksikan Inflasi 2021 di Kisaran 2-4%


Bank Indonesia memproyeksikan inflasi tetap terkendali dan berada dalam kisaran 2-4% pada 2021. 

“Ke depan, Bank Indonesia tetap berkomitmen menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah melalui Tim Pengendali Inflasi  untuk mengendalikan inflasi IHK sesuai kisaran targetnya,” ucap Gubernur BI Perry Wirjiyo dalam pernyataannya, Kamis (21/1).

Menurut dia, inflasi 2020 tercatat rendah sejalan permintaan yang belum kuat dan pasokan yang memadai. Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada 2020 tercatat sebesar 1,68% (YoY) dan berada di bawah kisaran sasaran 2-4%. 

Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh inflasi inti yang tercatat rendah sebesar 1,60% (yoy), sejalan dengan pengaruh permintaan domestik yang belum kuat, konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam mengarahkan ekspektasi inflasi pada kisaran target, dan dampak nilai tukar terhadap inflasi yang menurun. 

Inflasi kelompok administered prices juga tercatat rendah sebesar 0,25% (YoY), sejalan dengan mobilitas masyarakat yang masih terbatas dan upaya Pemerintah menurunkan harga energi guna mendorong daya beli masyarakat. 

Sementara itu, inflasi kelompok volatile food terkendali sebesar 3,62% (YoY), didukung oleh permintaan yang belum kuat dan pasokan yang memadai, meskipun terdapat tekanan musiman pada akhir tahun.



Berita Populer


ASEANFLAG